Oseng-oseng Mercon

Anda tau Mercon? Pasti sudah banyak yang tau, mercon adalah bahasa jawa dari petasan yang sering dinyalakan/diledakan diwaktu perayaan hari-hari tertentu. Bisa kebayang kan bagaimana pedasnya makanan yang sampai diberi  nama Oseng-oseng Mercon. Yang pasti bakal meledakkan mulus Anda. Tapi jangan takut dulu, disini yang kami maksut adalah dalam hal rasa. Oseng-oseng mercon adalah salah satu kuliner khas Jogja yang terkenal dengan rasanya yang pedas luar biasa. Dijamin Anda pasti bakal berkeringat setelah mencicipi menu yang satu ini, namun yang unik adalah Oseng-oseng mercon ini tidak bikin kapok dan malah bikin ketagihan.

Oseng-oseng Mercon banyak akan Anda jumpai di Jogja khususnya di sepanjang jalan sebelah barat Malioboro. Namun ada satu tempat yang sudah sangat  terkenal yaitu Oseng-oseng Mercon Bu Narti yang berada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan Yogyakarta. Warung oseng-oseng mercon Bu Narti merupakan warung lesehan yang menjadi oseng-oseng mercon sebagai menu andalannya. Warung makan ini dirintis oleh Bu Kardi yang mulai berjualan tahun 1960-an di depan SMU Muhammadiyah putri Purwodiningratan. 

Waktu itu, Bu Kardi memperoleh pemberian daging yang dicoba dimasak menjadi oseng-oseng yang pedas dan dijual, ternyata laku. Kemudian warung ini diteruskan oleh Bu Narti yang merupakan putri dari Bu Kardi dan berjualan di jalan KH Ahmad Dahlan, dari jam 5 sore sampai dengan jam 10 malam. Bahan Oseng-oseng Mercon adalah daging sapi pada bagian lemak, kulit, kikil, dan sedikit daging. Bumbu yang digunakan pun bumbu alami, seperti bumbu rempah-rempah, gula jawa, dan cabai rawit. Namun Oseng-oseng Mercon ini tetap ada rasa manisnya karena racikan resepnya menggunakan gula jawa disamping rempah-rempah dan cabai rawit. Seperti khas rasa masakan Jawa.

Bagaimana? Anda penasaran untuk mencoba menu Oseng-oseng Mercon Jogja dan siap berkeringat karena kepedesan? Segera berlibur ke Jogja dan nikmati berbagai kuliner istimewa termasuk Oseng-oseng Mercon ini. Selamat Berlibur


EmoticonEmoticon