Yogyakarta adalah sebuah pemerintahan yang dahulunya merupakan sebuah kerjaan. Budaya Jawa  yang kental masih sangat terasa di kota ini. Sosok yang menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Yogyakarta saat ini adalah Hamengkubuwana X (Gubernur) dan Paku Alam IX (Wagub). Memang sesuai tradisi bahwa penerima jabatan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Sultan/Raja, sedangkan wakil gubernur adalah Pangeran Paku Alam.

Hamengkubuwana X (Gubernur)

Beliau lahir pada tanggal 2 April 1946 di Kraton Yogyakarta Hadiningrat. Nama lahir  Hamengkubuwana X adalah BRM Herjuno Darpito. Setelah dewasa bergelar KGPH Mangkubumi dan setelah diangkat sebagai putra mahkota diberi gelar KGPAA Hamengku Negara Sudibyo Rajaputra Nalendra ing Mataram. Hamengkubuwono X dinobatkan sebagai raja Yogyakarta pada tanggal 7 Maret 1989. Beliau adalah sosok yang sederhana, welas asih dan sangat bermasyarakat.
Hamengkubuwana X
Hamengkubuwana X
Hamengkubuwana X adalah seorang lulusan dari UGM Yogyakarta. 27 Desember 2011 beliau menerima gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa) dari Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta. Gelar tersebut karena kiprahnya dalam seni dan budaya, terutama seni pertunjukan tradisi dan kontemporer sejak 1989. Beliau memiliki istri yaitu: Tatiek Drajad Suprihastuti/BRA Mangkubumi/GKR Hemas/Ratu Hemas, dan memiliki 5 orang Putri: GRA Nurmalita Sari/GKR Pembayun (menikah dengan KPH Wironegoro), GRA Nurmagupita/GKR Condrokirono (menikah dengan KRT Suryokusumo), GRA Nurkamnari Dewi /GKR Maduretno (menikah dengan KPH Purbodiningrat), GRA Nurabra Juwita/GKR Hayu (menikah dengan KPH Notonegoro), GRA Nurastuti Wijareni / GKR Bendoro (menikah dengan KPH Yudanegara).

Paku Alam IX (Wagub)

Beliau lahir pada tanggal 7 Mei 1938. Nama beliau lebih dikenal juga dengan B.R.M.H. Ambarkusumo dan merupakan putra tertua dari K.G.P.A.A. Paku Alam VIII dan K.R.Ay. Purnamaningrum. Beliau di daulat sebagai KGPAA Paku Alam IX pada 15 April 2012 di Pantai Glagah Kulon Progo. Pada tahun 2003 beliau diangkat menjadi wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2003-2008, mendampingi Hamengkubuwono X sebagai Gubernur Yogyakarta.
Paku Alam IX
Paku Alam IX
Istri Paku Alam IX  adalah Koesoemarini, yang merupakan alumni dari Universitas Gajah Mada, Faculty of letters tahun 1966 dan juga teman SMA beliau. Dan dikaruniai 3 orang putra: Wijoseno Hariyo Bimo (lahir tahun 1962), Hariyo Seno (lahir tahun 1972), dan Hariyo Danardono (lahir tahun 1974).


EmoticonEmoticon