Dari hasil kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat di Jogja, Desa-desa tersebut sering disebut juga sebagai Desa WisataSayang rasanya jika Anda yang sedang berlibur di Jogja melewatkan Wisata Kerajinan Rakyat yang sangat unik ini. Bermacam-macam hasil kerajinan akan Anda dapatkan dan tentunya dengan harga yang juga relatif murah. Berikut ini adalah Daftar Wisata Kerajinan dan Tradisional Paling Terkenal di Jogja (Desa Wisata Jogja).

Desa Wisata Kasongan
Desa Wisata Yogyakarta
Desa Kasongan berada di Pedukuhan Kajen, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Disini terdapat kerajinan gerabah, kerajinan dari tanah liat yang berupa alat kebutuhan rumah tangga, seperti guci, pot bunga, kendi dan masih banyak lagi. Bentuk-bentuknya pun unik dan dapat menjadi oleh-oleh yang sangat cantik. Selain itu juga Anda akan menemui hiasan dan miniatur berupa hiasan dinding, miniatur becak atau candi, asbak, vas bunga, dan lain-lain. Harganya pun berkisar mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Cukup murah untuk Anda jadikan oleh-oleh.

Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Yogyakarta
Desa wisata yang satu ini berada di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Keistimewan dari Desa wisata yang satu ini adalah "Batik Kayu", yaitu membuat batik dengan media kayu. Unik bukan? karena biasanya kita jumpai adalah batik dengan media kain. Karena polanya dibuat secara manual, bukan dicetak, maka membatik dengan media kayu membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Motif batik kayu yang dibuat oleh warga Krebet adalah seperti motif parangrusak, parangbarong,  kawung, garuda, sidorahayu, sidomukti, dan motif lainnya. 

Beberapa ukiran dari kayu yang di hasilkan oleh masyarakat Desa Krebet adalah seperti topeng, sendal, hiasan dinding, aksesoris rumah tangga, gelang dan berbagai macam kerajinan dari kayu yang dibalut dengan motif batik. Tidak hanya belanja untuk suvenir saja, Anda pun bisa mencoba langsung membuat ukiran kayu dari batik. tentu, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi untuk menghiasi ukiran-ukiran kayu dengan motif batik yang beragam. Jika ingin lebih lama menetap, Anda bisa bermalam di homestay yang disediakan dengan tarif mulai Rp 40.000- 100.000.

Desa Wisata Ledok Sambi
Desa Wisata Yogyakarta
Berada di Dukuh sambi, desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten SLeman, Daerah Istimewa Yogyakarta. berbagai macam kesenian rakyat dapat anda jumpai di tempat ini, diantaranya wayang kulit, karawitan jawa, uyon-uyon dan lain sebagainya yang tentunya desa sambiberbasis pada kesenian tradisional. Disini pengunjung dapat selain menikmati pertunjukan juga dapat turut aktif dengan mempelajari kesenian tersebut. Sedangkan budaya desa yang masih terus di lestarikan dan dilakukan di desa ini  antara lain kenduri, sadranan dan ruwahan serta beberapa kegiatan budaya lain. Para pengunjung dapat terlibat langsung dalam acara yang dilaksanakan di hari-hari tertentu.

Selain itu, di Desa Wisata Ledok Sambi juga menawarkan panorama desa yang sangat menjadi daya tarik bagi wisatawan, disini wisatawan dapat menikmatinya dengan menyususri desa (tracking) dengan pemandu setempat. Ada juga beragam kegiatan outbound yang menyenangkan di desa ini. Anda dapat menyusuri hutan, mengenal masyarakat desa yang hidup secara tradisional, berkemah. Ssalah satu wahana yang terbaru dari outbond  di Wisata desa Sambi ini adalah Flying fox 200 m melintasi kali kuning yang menjadi jalur lahar dingin merapi. Wisata disini akan menciptakan proses belajar aktif berupa leadership, communications dan teamworking untuk Anda dan team Anda.

Desa Wisata Kebon Agung
Desa Wisata Yogyakarta
Desa Wisata Kebon Agung berada di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Daya tarik tersendiri di Desa ini adalah menimati kesenian Gejog Lesung, seni keprajuritan, seni karawitan, seni batik, kenduri, dan bancaan. Semuanya untuk menambah ketertarikan wisatawan akan kesenian, budaya, dan makanan tradisional yang mulai ditinggalkan dan dilupakan. Yang unik adalah wisatawan yang datang bisa mendapat pengetahuan dan ketertarikan mengenai kegiatan pertanian. Mereka diajak merasakan kehidupan warga desa, dengan menginap di rumah warga atau homestay.

Selain itu Anda juga akan dikenalkan lebih dekat tentang pertanian di desa ini. Anda akan diajak untuk memilih bibit, menanam padi, mempelajari sistem irigasi, hingga membajak sawah dengan kerbau. Ada juga upacara-upacara yang dikenalkan di tempat ini, salah satunya adalah upacara Wiwit yang berisi kegiatan memberikan sesajen atau sesembahan berupa hasil pertanian.

Desa Wisata Banyusumurup
Desa Wisata Yogyakarta
Desa ini berada di Desa Girejo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Disini Anda dapat mengenal keris dan melihat pembuatan Keris dari dekat. Proses penyelesaian pembuatan keris memang bisa dilakukan oleh para pengrajin keris. Tetapi, proses awal pembuatan keris pada tahap tempa tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang di Desa Banyusumurup, hanya bisa dilakukan oleh Mbah Jiwo. Dia adalah generasi ke-20 dari Kerajaan Majapahit dan mempunyai sosok yang karismatik.

Anda bisa melihat proses awal hingga akhir pembuatan keris di desa ini. Keris dibuat dengan alat-alat yang sederhana, seperti paku tatah, palu, alat pelebur, dan alas. Pembuatan keris dilakukan dengan teknik tempa yang rumit. Kerumitan pembuatan keris terletak pada seni tempa pamor atau motif ukir logamnya. Silahkan berkunjung ke Desa Wisata Banyusumurup.

Desa Wisata Manding
Desa Wisata Yogyakarta
Berada di Jl. DR Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul, Yogyakarta. Di sini Anda akan menjumpai kerajinan kulit yang sangat unik dan juga pasti berkualitas.  Kerajinan kulit Manding di produksi dengan cara yang masih rumahan, yaitu dalam hal proses membuat pola, mengguntingnya, sampai menjahitnya. Mereka mempekerjakan beberapa karyawan untuk menghasilkan karya-karya mereka. Oleh karena itu, pembeli tidak hanya bisa membeli dari hasil kerajinan yang sudah jadi, tetapi konsumen bisa memesannya, dengan model yang mereka inginkan, namun dengan harga yang berbeda tentunya dari harga barang yang sudah jadi.  Walaupun merupakan produk rumahan tetapi kualitas tetap terjaga. Silahkan datang dan dapatkan produk berkualitas dari kulit asli seperti tas, sepatu, ikat pinggang, travellbag, sandal, dompet dan masih banyak lagi.

Desa Wisata Giriloyo
Desa Wisata Yogyakarta
Berada di Giriloyo di Desa Wukirsari, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Batik. Di desa inilah kerajinan batik yang sangat unik dan berkualitas diciptakan. Saat ini Desa Wisata Giriloyo sedang meningkatkan paket wisata yang ditawarkan dengan memberdayakan masyarakat setempat. Para perajin di desa ini akan diberdayakan sebagai pendamping saat adanya kunjungan wisata. Jika Anda pecinta batik, kunjungi segera desa ini

1 komentar:

Makasih infonya. Saya jg akan berpartisipasi dlm menciptakan kerajinan di jogja. Menambah kasanah kekayaan karya seni di Jogja ini.


EmoticonEmoticon