Pantai Parangtritis, Pantai Paling Terkenal di Yogyakarta. Setiap warga di Yogyakarta bisa dipastikan pernah mengunjungi pantai ini. Akses menuju Tempat Wisata di Jogja yang satu ini sangat gampang dan tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta sehingga menjadi pilihan untuk  dikunjungi. Asal mula nama Parangtritis ini cukup menarik. 
Pantai Parangtritis
Menurut cerita pada zaman dahulu kala ada seorang pelarian dari Kerajaan Majapahit bernama Dipokusumo yang melakukan semedi di kawasan ini. Ketika sedang bersemedi, ia melihat air yang menetes (tumaritis) dari celah-celah batu karang (parang). Kemudian ia memberi nama daerah tersebut Parangtritis yang berarti air yang menetes dari batu. Di Pantai ini terdapat fasilitas yang banyak untuk bisa kita dapatkan. Untuk Anda yang suka tantangan silahkan datang ke Bukit Parangndog, yang terletak di sebelah timur Pantai Parangtritis, pada perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. 

Di sini terdapat sebuah tempat untuk paralayang dan gantole. Meski medannya berat tapi anda akan cukup menyenangkan. Anda juga dapat sedikit naik ke bukit kecil yang berada di sisi utara Pantai Parangtritis. Di sana banyak tersedia warung-warung kecil yang menawarkan pemandangan pantai yang menakjubkan dari atas bukit. Sambil menikmati sebutir kelapa muda dan jajanan ringan khas, Anda dapat merasakan angin pantai yang kencang berhembus sambil menyaksikan pemandangan sepanjang garis Pantai Parangtritis yang terlihat semua dari atas bukit tersebut. Di area pantaipun anda bisa menyewa dokar (kereta kuda), motor ATV (All-terrain Vechile, sewanya sekitar Rp. 50.000 – 100.000 per setengah jam), atau kuda.

Lokasi Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu wisata pantai jogja yang berada di Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188, Indonesia. Tepatnya adalah desa Parangtritis, kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Berada sekitar 27 km sebelah selatan Kota Jogjakarta dengan kondisi jalan yang bagus dan mudah dicapai. Dari arah Kota Yogyakarta terdapat dua jalur yang dapat dilalui untuk mencapai kawasan ini. Jalur yang pertama adalah jalur lurus Yogyakarta - Jalan Parangtritis- Kretek - Parangtritis. Jalur ini merupakan jalur utama yang biasa digunakan wisatawan maupun masyarakat luas pada umumnya. Jalur yang kedua adalah jalur Yogyakarta - Imogiri - Siluk - Parangtritis.


Untuk fasilitas penginapan Anda juga tidak perlu khawatir karena disepanjang jalan area parangtritis terdapat banyak Hotel dengan fasilitas dan harga yang berbeda-beda. Di sekitar kawasan pantai, Anda juga bisa menemukan berbagai macam toko souvenir dan oleh-oleh khas Bantul, toko-toko kelontong, dan warung-warung makan. Khusus mengenai makanan, sebaiknya Anda tidak melewatkan wisata kuliner di Pantai Depok yang menyediakan ikan dan makanan laut segar lainnya, langsung dibeli dan dimasak di tempat, dengan pilihan bumbu masakan yang sangat lezat. Anda bisa membeli berbagai jenis ikan, udang, cumi-cumi, atau kepiting di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok dan menyewa jasa masak (yang sekaligus menyediakan tempat makan lesehan, nasi, sambal, lalapan, dan berbagai jenis minuman termasuk kelapa muda segar) di warung-warung yang berjejer di sepanjang Pantai Depok.

Itulah Pantai Parangtritis, Pantai Paling Terkenal di Yogyakarta. Tempat ini sangat cocok dan layak untuk Anda kunjungi.


EmoticonEmoticon