Pantai Glagah Indah, Wisata di Kulon Progo dengan Laguna yang Indah. Ini adalah salah satu dari banyaknya wisata di Kulon Progo Yogyakarta. Selain di kabupaten ini terkenal dengan wisata alam yang indah, ternyata juga terdapat wisata pantai yang juga menarik untuk dikunjungi. Di kawasan wisata pantai ini juga terdapat laguna yang menjadi sebuah wisata tirta. Di pantai Glagah terdapat fasilitas pendukung wisata seperti bumi perkemahan serta perkebunan buah Naga. Meskipun jaraknya sedikit jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun obyek wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung karena selalu saja ada yang datang kesini.

Pantai Glagah Indah

Lokasi Pantai Glagah Indah:
Pantai ini tepatnya berada di desa Glagah, Kecamatan Temon, kabupaten Kulon Progo. Jarak dari Kota Yogyakarta kurang lebih 40 km ke arah barat, atau 15 km dari ibu kota kabupaten Kulon progo, Kota wates. Ada dua alternatif jalan untuk menuju ke Pantai Glagah Indah. Pertama, berjalan ke selatan melewati jalan Bantul dan berbelok ke kanan menuju jalur Bantul - Purworejo setelah sampai di Palbapang. Kedua, berjalan ke barat melewati lintasan jalan Yogyakarta - Wates - Purworejo dan berbelok ke kiri setelah menjumpai plang menuju Pantai Glagah. Untuk lebih mudahnya, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Sedang untuk menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum juga bisa, yaitu dengan naik bus jurusan Yogyakarta - Purworejo hingga di persimpangan jalan menuju pantai Glagah Indah. Kemudian dari sini Anda bisa menggunakan jasa ojek sampai ke pantai atau jika Anda ingin sehat dan bugar bisa menempuh perjalanan ke pantai dengan jalan kaki, tapi memang jaraknya masih lumayan jauh. 

Saat itu team YoGi sampai disana pada siang  hari, wow..memang panasnya luar biasa. Jadi kami memutuskan untuk sementara istirahat di penginapan sekitar pantai yang harganya lumayan terjangkau. Setelah kami rasa tidak terlaluk terik kira-kira jam 3 sore kami segera bersiap-siap untuk menikmati keindahan Pantai Glagah salah satu Wisata Pantai di JogjaDan memang benar, disana memang terdapat Laguna yang tidak dimiliki oleh setiap pantai. Laguna adalah semacam telaga atau danau yang terjadi karena terjebaknya ombak laut di daratan yang memiliki cekungan cukup dalam dan menjadi genangan seamacam telaga. Laguna di Pantai Glagah membagi kawasan pantai menjadi dua, yaitu lokasi yang masih ditumbuhi rumput dan tanaman pantai dengan area penuh gundukan pasir yang berbatasan langsung dengan lautan. Tempat ini sering ramai dengan anak-anak yang mandi atau bermain air di pantai karena jauh dari ombak. Di laguna ini juga banyak pengunjung yang mendayung sampan kecil sambil menikmati pemandangan kebun buah naga yang berada di tepi pantai.

Kami jadi ingat, di bagian barat pantai ini memang ada perkebunan buah naga yang telah dikelola menjadi agrowista dengan nama Kusuma Wanadri. Agrowisata ini memiliki keluasan areal mencapai 3,5 hektar yang tidak hanya digunakan untuk penanaman buah saja tapi juga dimanfaatkan untuk kantor, rumah makan, kios, dan lahan tanaman herbal. Cukup banyak lokasi yang bisa kita nikmati selain suasana pantai bukan? Inilah kelebihan dari Pantai Glagah Indah, Wisata di Kulon Progo dengan Laguna yang Indah.

Tempat Menarik Lainnya:
Akhirnya hari mulai gelap dan sudah waktunya team YoGi untuk pulang ke kota Yogyakarta. Tapi karena mulai terasa lapar maka kami memutuskan untuk mencari tempat makan dan memang di sekitar jalan di pinggir pantai terdapat warung-warung kecil yang cukup untuk sekedar mengganjal perut. Cukup puas kami menikmati keindahan panorama Pantai Glagah dan bisa pulang dengan puas. Untuk Anda yang sedang berlibur di Jogja tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi wisata pantai di Jogja ini. Salam


EmoticonEmoticon