Jika mendengar pantai Parangtritis dan pantai Depok tentu sudah banyak yang tau dengan pantai-pantai ini. Kedua pantai itu adalah pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Lokasinya yang mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dengan kota sehingga banyak yang berminat untuk datang kesana terlebih lagi di hari libur. Akan tetapi apakah Anda tau tempat indah yang bernama Gumuk Pasir Parangtritis ini?

Gumuk Pasir Parangtritis
Gumuk Pasir Parangtritis
Mungkin tidak banyak yang tau lokasi wisata yang satu ini. Kecuali memang yang sering berkunjung ke Depok dan Parangtritis, karena lokasi Gumuk Pasir Parangtritis ini memang berada di antara pantai-pantai tersebut. Apabila Anda selesai dari pantai Depok dan mempunyai tujuan selanjutnya ke pantai Parangtritis, di jalur ini Anda akan melewati sebuah hamparan pasir yang indah dan luas. Nah, tempat inilah yang dinamakan Gumuk Pasir.

Gumuk Pasir Parangtritis merupakan satu - satunya gumuk pasir di Asia Tenggara. Jadi memang tempat yang satu ini selain unik juga merupakan fenomena alam yang jarang ditemui di Dunia. Gumuk terbentuk melalui proses dengan waktu ribuan tahun yang berasal dari material vulkanik Gunung Merapi yang kemudian terbawa arus sungai Progo sampai ke muara. Kemudian ombak besar pantai Selatan menghantamnya hingga kemudian terbentuklah Gumuk PasirBegitu indahnya hamparan pasir dengan ukiran-ukiran alam yang diakibatkan oleh desiran angin di tempat ini. Bahkan lokasi ini sering dijadikan tempat untuk pengambilan foto baik itu yang sekedar narsis sampai dengan prewedding. Selain itu juga lokasi ini sering dijadikan tempat untuk pengambilan video klip dari beberapa artis Indonesia.
Lihat Koleksi Foto Gumuk Pasir Parangtritis 

Lokasi Gumuk Pasir Parangtritis

Gumuk Pasir Parangtritis berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Jadi seperti yang kami tulis diatas jika Anda dari Pantai Depok menuju Pantai Parangtritis maka akan melewati tempat ini.

Untuk bisa berada di lokasi ini Anda tidak perlu membayar tiket masuk apapun karena memang tempat ini free/gratis. Jika Anda kurang menyukai cuaca yang panas atau takut kulit terbakar, sebaiknya datang di pagi atau sore hari. Selain itu tempat ini memang terlihat lebih indah di pagi atau sore hari. Waktu itu team  Yogyalagi Dotcom juga datang kesana di sore hari dan memang terlihat sangat indah juga nyaman karena tidak panas.

Jika Anda berwisata ke pantai Depok dan pantai Parangtritis sempatkanlah mampir ke Gumuk Pasir Parangtritis, Gurun Pasir Indah di Yogyakarta. Dijamin tidak akan menyesal karena Anda juga bisa mengabadikan gambar disana bersama  rekan atau keluarga.



EmoticonEmoticon